Friday, September 07, 2007

KONGGRES ASOSIASI GURU FISIKA INDONESIA

Baru-baru ini telah diadakan konggres I guru fisika Indonesia di LPMP Jakarta. Pada kegiatan tersebut tersusun kepengurusan masa bakti 2007-2011. Membentuk kepengurusan adalah langkah yang amat mudah, tapi melakukan aksi nyata yang berdampak positif terhadap guru-guru fisika tidaklah bisa dianggap mudah. Apalagi Indonesia itu luas dan tantangan tiap daerah tentu berbeda.

Sepertinya banyak PR yang harus dikerjakan oleh kepengurusa ini seperti :

  1. Menyatukan visi dan menyamakan persepsi mengenai langkah-langkah yang harus diambil dalam organisasi, apalagi disinyalir ada dua versi kepengurusan yaitu kepengurusan versi MGMP Bandung dengan hasil Konggres kemarin.

  2. Membangun organisasi yang kuat dengan membuat jaringan kerja sampai ke daerah lengkap dengan mekanisme kerja masing-masing jajaran kepengurusan. Yang menjadi pertanyaan adalah "sudahkan para pengurus pusat merumuskan aturan organisasi yang dapat disepakati oleh seluruh kepengurusan?". Ingat AD/ART masih harus digodok, amanat konggres ART harus diselesaikan.

  3. Peningkatan kompetensi guru fisika yang akhir-akhir ini sering dibicarakan bahwa kompetensi guru lemah sehingga penguasaan materi fisika siswa kurang. Mampukan Asosiasi ini menjadi sarana untuk meningkatkan kompetensi guru ?

  4. Terakhir apakah Asosiasi ini mampu berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan pemerintah dalam hal ini depdiknas ?

Sebenarnya masih banyak PR yang harus dikerjakan, tapi semakin banyak kita menulis masalah semakin bingung masalah mana dulu yang harus diselesaikan.

Selamat buat pak Adil Ginting sebagai ketua umum AGFI Pusat, mudah-mudahan keberadaan asosiasi ini bermanfa'at untuk kita semua

No comments: